1.2.3.4. ciluk baaaaaa........
wkwkwkwkwk...... lohaaaa... men temen, g bosan-bosannya ane ngepost lagi ni biar pemahaman dan pengetahuan temen-temen bertambah ni , untuk episode ini,, wessss kayak film2 ni, ha3x..
ane mau membahas tentang festival bau nyale yang sering kali diadakan oleh rakyat pulau lombok bahkan saking terkenalnya ni festival wisatawan manca negarapun menunggunyaa...
Setiap tanggal 2-3 maret , Pulau Lombok kembali akan
merayakan salah satu tradisi yang sayang dilewatkan, yaitu Festival Bau
Nyale. Kegiatan biasanya dikonsentrasikan pada Bau Nyale Poto
(Bau Nyale Akhir) daripada Bau Nyale Tunggak (Bau Nyale Awal) pada akhir
Januari. Tempat festival sendiri akan dipusatkan di Pantai Kuta, Loteng Area. Untuk tanggal pasti festival ini masih menunggu konfirmasi yang akan diputuskan oleh rapat dewan adat dan tokoh masyarakat.
Diadakan setiap tahun pada hari ke-20
bulan ke-10 menurut penanggalan tradisional Sasak, tahun ini festival
Bau Nyale ditargetkan akan dihadiri kurang lebih 50.000 orang dan akan
diramaikan berbagai kompetisi tradisional. Beberapa diantaranya adalah: bekayaq, cilokaq, peresean, begambus, berbalas pantun, dan lomba perahu dayung. Sebagai sebuah perhelatan akbar rakyat Lombok,
Festival Bau Nyale juga akan menggelar berbagai pertunjukan kesenian
seperti drama kolosal tentang legenda Putri Mandalika, wayang kulit,
penginang robek, dan teater legenda Putri Nyale.
Suku Sasak sendiri adalah kelompok etnis dominan yang mendiami Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bau dalam bahasa Lombok berarti menangkap dan nyale
adalah sejenis cacing laut yang hanya muncul dipermukaan beberapa kali
dalam setahun. Bau Nyale merupakan upacara meriah dimana suku sasak
beramai-ramai menangkap nyale di sepanjang pesisir pantai Lombok.
huft, istrahat bentar bro. ok lanjut, sekarang pasti kalian pada penasaran kan, kenapa festival bau nyale itu tetap diadakan setahun sekali, pasti kalian berpikir apa sih awal mulanya timbul acara ini.....
ni dia ane tampilin lagi sejarahnya bro
Sejarah Putri Nyale, Cerita Rakyat Lombok Tengah | Pada zaman dahulu di pantai selatan Pulau Lombok terdapat
sebuah kerajaan yang bernama Tonjang Beru. Sekeliling di kerajaan ini
dibuat ruangan - ruangan yang besar. Ruangan ini digunakan untuk
pertemuan raja - raja. Negeri Tonjang Beru ini diperintah oleh raja yang
terkenal akan kearifan dan kebijaksanaannya Raja itu bernama raja
Tonjang Beru dengan permaisurinya Dewi Seranting.
Baginda
mempunyai seorang putri, namanya Putri Mandalika. Ketika sang putri
menginjak usia dewasa, amat elok parasnya. Ia sangat anggun dan cantik
jelita. Matanya laksana bagaikan bintang di timur. Pipinya laksana pauh
dilayang. Rambutnya bagaikan mayang terurai. Di samping anggun dan
cantik ia terkenal ramah dan sopan. Tutur bahasanya lembut. Itulah yang
membuat sang putri menjadi kebanggaan para rakyatnya.
Semua
rakyat sangat bangga mempunyai raja yang arif dan bijaksana yang ingin
membantu rakyatnya yang kesusahan. Berkat segala bantuan dari raja
rakyat negeri Tonjang Beru menjadi hidup makmur, aman dan sentosa.
Kecantikan dan keanggunan Putri Mandalika sangat tersohor dari ujung
timur sampai ujung barat pulau Lombok. Kecantikan dan keanggunan sang
putri terdengar oleh para pangeran - pangeran yang membagi habis bumi
Sasak (Lombok). Masing - masing dari kerajaan Johor, Lipur, Pane,
Kuripan, Daha, dan kerajaan Beru. Para pangerannya pada jatuh cintar.
Mereka mabuk kepayang melihat kecantikan dan keanggunan sang putri.
Mereka
saling mengadu peruntungan, siapa bisa mempersunting Putri Mandalika.
Apa daya dengan sepenuh perasaan halusnya, Putri Mandalika menampik.
Para pangeran jadi gigit jari. Dua pangeran amat murka menerima
kenyataan itu. Mereka adalah Pangeran Datu Teruna dan Pangeran
Maliawang. Masing - masing dari kerajaan Johor dan kerajaan Lipur. Datu
Teruna mengutus Arya Bawal dan Arya Tebuik untuk melamar, dengan ancaman
hancurnya kerajaan Tonjang Beru bila lamaran itu ditolaknya. Pangeran
Maliawang mengirim Arya Bumbang dan Arya Tuna dengan hajat dan ancaman
yang serupa.
Putri Mandalika tidak bergeming. Serta merta Datu
Teruna melepaskan senggeger Utusaning Allah, sedang Maliawang meniup
Senggeger Jaring Sutra. Keampuhan kedua senggeger ini tak kepalang
tanggung dimata Putri Mandalika, wajah kedua pangeran itu muncul
berbarengan. Tak bisa makan, tak bisa tidur, sang putri akhirnya kurus
kering. Seisi negeri Tonjang Beru disaput duka.
Kenapa sang
putri menolak lamaran ? Karena, selain rasa cintanya mesti bicara, ia
juga merasa memikul tanggung jawab yang tidak kecil. Akan timbul bencana
manakala sang putri menjatuhkan pilihannya pada salah seorang pangeran.
Dalam semadi, sang putri mendapat wangsit agar mengundang semua
pangeran dalam pertemuan pada tanggal 20 bulan 10 ( bulan Sasak )
menjelang pagi - pagi buta sebelum adzan subuh berkumandang. Mereka
harus disertai oleh seluruh rakyat masing - masing. Semua para undangan
diminta datang dan berkumpul di pantai Kuta. Tanpa diduga - duga enam
orang para pangeran datang, dan rakyat banyak yang datang, ribuan
jumlahnya. Pantai yang didatangi ini bagaikan dikerumuni semut.
Ada
yang datang dua hari sebelum hari yang ditentukan oleh sang putri. Anak
- anak sampai kakek - kakek pun datang memenuhi undangan sang putri
ditempat itu. Rupanya mereka ingin menyaksikan bagaimana sang putri akan
menentukan pilihannya. Pengunjung berduyun - duyun datang dari seluruh
penjuru pulau Lombok. Merekapun berkumpul dengan hati sabar menanti
kehadiran sang putri.
Betul seperti janjinya. Sang putri
muncul sebelum adzan berkumandang. Persis ketika langit memerah di ufuk
timur, sang putri yang cantik dan anggun ini hadir dengan diusung
menggunakan usungan yang berlapiskan emas. Prajurit kerajaan berjalan di
kiri, di kanan, dan di belakang sang putri. Sungguh pengawalan yang
ketat. Semua undangan yang menunggu berhari - hari hanya bisa melongo
kecantikan dan keanggunan sang putri. Sang putri datang dengan gaun yang
sangat indah. Bahannya dari kain sutera yang sangat halus.
Tidak
lama kemudian, sang putri melangkah, lalu berhenti di onggokan batu,
membelakangi laut lepas. Disitu Putri Mandalika berdiri kemudian ia
menoleh kepada seluruh undangannya. Sang putri berbicara singkat, tetapi
isinya padat, mengumumkan keputusannya dengan suara lantang dengan
berseru : ??Wahai ayahanda dan ibunda serta semua pangeran dan rakyat
negeri Tonjang Beru yang aku cintai. Hari ini aku telah menetapkan bahwa
diriku untuk kamu semua. Aku tidak dapat memilih satu diantara
pangeran. Karena ini takdir yang menghendaki agar aku menjadi Nyale yang
dapat kalian nikmati bersama pada bulan dan tanggal saat munculnya
Nyale di permukaan laut.??
Bersamaan dan berakhirnya kata -
kata tersebut para pangeran pada bingung rakyat pun ikut bingung dan
bertanya - tanya memikirkan kata - kata itu. Tanpa diduga - duga sang
putri mencampakkan sesuatu di atas batu dan menceburkan diri ke dalam
laut yang langsung di telan gelombang disertai dengan angin kencang,
kilat dan petir yang menggelegar.
Tidak ada tanda - tanda sang
putri ada di tempat itu. Pada saat mereka pada kebingungan muncullah
binatang kecil yang jumlahnya sangat banyak yang kini disebut sebagai
Nyale. Binatang itu berbentuk cacing laut. Dugaan mereka binatang itulah
jelmaan dari sang putri. Lalu beramai - ramai mereka berlomba mengambil
binatang itu sebanyak - banyaknya untuk dinikmati sebagai rasa cinta
kasih dan pula sebagai santapan atau keperluan lainnya.
Itulah
kisah Bau Nyale. Penangkapan Nyale menjadi tradisi turun - temurun di
pulau Lombok. Pada saat acara Bau Nyale yang dilangsungkan pada masa
sekarang ini, mereka sejak sore hari mereka yang akan menangkap Nyale
berkumpul di pantai mengisi acara dengan peresean, membuat kemah dan
mengisi acara malam dengan berbagai kesenian tradisional seperti
Betandak (berbalas pantun), Bejambik (pemberian cendera mata kepada
kekasih), serta Belancaran (pesiar dengan perahu). Dan tak ketinggalan
pula, digelar drama kolosal Putri Mandalika di pantai Seger.
************
etiap
tanggal duapuluh bulan kesepuluh dalam penanggalan Sasak atau lima hari
setelah bulan purnama, menjelang fajar di pantai Seger Kabupaten Lombok
Tengah selalu berlangsung acara menarik yang dikunjungi banyak orang
termasuk wisatawan. Acara yang menarik itu bernama Bau Nyale. Bau dari
bahasa Sasak artinya menangkap. Sedangkan Nyale, sejenis cacing laut
yang hidup di lubang - lubang batu karang di bawah permukaan laut.
Penduduk
setempat mempercayai Nyale memiliki tuah yang dapat mendatangkan
kesejahteraan bagi yang menghargainya dan mudarat bagi orang yang
meremehkannya.??Itulah yang berkembang selama ini,?? ujar Lalu Wirekarme
yang pernah menjabat sebagai Kepala Sub Dinas Pemasaran Dinas
Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah.
Tradisi menangkap Nyale
(bahasa sasak Bau Nyale) dipercaya timbul akibat pengaruh keadaan alam
dan pola kehidupan masyarakat tani yang mempunyai kepercayaan yang
mendasar akan kebesaran Tuhan, menciptakan alam dengan segala isinya
termasuk binatang sejenis Anelida yang disebut Nyale. Kemunculannya di
pantai Lombok Selatan yang ditandai dengan keajaiban alam sebagai
rahmat Tuhan atas makhluk ini.
Beberapa waktu sebelum Nyale
keluar hujan turun deras dimalam hari diselingi kilat dan petir yang
menggelegar disertai dengan tiupan angin yang sangat kencang.
Diperkirakan pada hari keempat setelah purnama, malam menjelang Nyale
hendak keluar, hujan menjadi reda, berganti dengan hujan rintik -
rintik, suasana menjadi demikian tenang, pada dini hari Nyale mulai
menampakkan diri bergulung - gulung bersama ombak yang gemuruh memecah
pantai, dan secepat itu pula Nyale berangsur - angsur lenyap dari
permukaan laut bersamaan dengan fajar menyingsing di ufuk timur.
Dalam
kegiatan ini terlihat yang paling menonjol adalah fungsi solidaritas
dan kebersamaan dalam kelompok masyarakat yang dapat terus dipertahankan
karena ikut mendukung kelangsungan budaya tradisional.
Keajaiban
Nyale bagi suku Sasak Lombok telah menimbulkan dongeng tentang kejadian
yang tersebar hampir keseluruh lapisan masyarakat Lombok dan
sekitarnya. Dongeng ini sangat menarik dengan cerita yang sangat
romantis dan berkembang melalui penuturan orang - orang tua yang
kemudian tersusun dalam naskah tentang legenda Nyale.
0 komentar:
Posting Komentar